Public Information

   
Public Information / Public Information

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi.

Sejalan dengan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap institusi pemerintahan (termasuk BKPM) wajib menyediakan layanan informasi publik kepada masyarakat. Berdasarkan Keputusan Kepala BKPM Nomor 50 Tahun 2011 telah dibentuk Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi dan Pejabat Pengelola Informasu dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan BKPM.

Tim Pertimbangan mempunyai tugas mengoordinasikan kegiatan pengelolaan informasi publik di lingkungan BKPM mencakup kegiatan penyediaan, penyimpanan, dan pelayanan informasi publik.

Klasifikasi informasi di lingkungan BKPM diatur dalam Keputusan Kepala BKPM Nomor 101 Tahun 2012. Klasifikasi informasi tersebut meliputi informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi publik yang wajib tersedia setiap saat dan Informasi yang dikecualikan.

Visi

Terciptanya pelayanan informasi yang prima

Misi

Meningkatkan kualitas pelayanan informasi;

Meningkatkan transparansi pelayanan informasi;

Tercapainya pelayanan informasi yang mudah, cepat, dan trasnparan.

Motto

Pelayanan Informasi Prima

Untuk mendukung kegiatan pelayanan informasi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) disediakan Help Desk PPID di Ruang Pelayanan Informasi Publik, di lantai Dasar Gedung Barli Halim, Kantor BKPM di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kaveling 44, Jakarta Selatan. Help Desk dilengkapi daftar informasi, formulir permohonan informasi, formulir keberatan informasi, juga fasilitas meja, kursi, lemari penyimpanan, komputer, dan mesin pencetak sebagai alat bantu pelayanan.


Selain melalui cara tatap muka, pelayanan informasi juga dilakukan melalui website www.bkpm.go.id ataupun email ppid@bkpm.go.id dan info@bkpm.go.id. Masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi publik tentang penanaman modal melalui komunikasi email tersebut.