Profil Kepala

   
Tentang BKPM / Profil Kepala
Thomas Lembong, Chairman Of BKPM
 

Thomas Trikasih Lembong, juga dikenal sebagai Tom, adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia periode Agustus 2015 hingga Juli 2016.

Sebelum bergabung di kabinet, beliau memiliki rekam jejak profesional yang cukup panjang. Pada tahun 1994, Tom Lembong memulai karirnya di Morgan Stanley and Company sebagai Sales and Trading Associate. Kemudian, ia bekerja di Morgan Stanley Divisi Equitas (Singapura), menjabat sebagai Senior Manager di Departemen Corporate Finance Makindo, dan Investment Banker dari Deutsche Securities Indonesia.

Antara 2002 dan 2005, Tom Lembong menjabat sebagai Division Head dan Senior Vice President di Badan Penyehatan Perbankan Indonesia (BPPN). Ia bekerja dengan Principia Management Group, dan pernah menjadi Managing Partner dan CEO di Quvat Management, sebuah pengelola dana ekuitas swasta yang didirikan pada tahun 2006.

Tom Lembong menerima gelar Sarjana (Bachelor of Arts) jurusan Desain Arsitektur dan Perkotaan dari Harvard University di Cambridge, AS pada tahun 1994. Ia juga terpilih sebagai Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum (WEF) tahun 2008.