Institutional Site
Investment Site

Latest Updates

Press Release

Gelar Invest Manado, BKPM Tawarkan Destinasi Investasi Pariwisata ke 250 Investor Asing

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) didukung oleh Kementerian Pariwisata akan menawarkan destinasi investasi kepada kurang lebih 250 investor asing partisipan Manado International Conference in Tourism (Invest Manado), Rabu (24/5). Pricewaterhouse Coopers dan Broadway Malyan yang menjadi mitra bersama Indonesian Research Development International akan menyampaikan kajiannya terkait menjadikan Manado sebagai destinasi investasi unggulan.

22-05-2017
Tindak Lanjuti KTT OBOR, Kepala BKPM Akan Temui Investor Tiongkok di Manado

Pekan depan, pemerintah Indonesia kembali melakukan langkah aktif untuk meningkatkan investasi ke Indonesia. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong dijadwalkan untuk menjadi pembicara kunci dan bertemu dengan investor dan calon investor dari Tiongkok dalam kegiatan Manado International Conference on Tourism (Invest Manado) pada tanggal 23-24 Mei 2017. Dalam kegiatan tersebut, BKPM akan bekerjasama dengan Pricewaterhouse Coopers serta Broadway Malyan.

19-05-2017
BKPM Aktif Fasilitasi Investor Jepang Dapatkan Izin Pusat Logistik Berikat

Kantor Perwakilan BKPM di Tokyo (Indonesia Investment Promotion Center, IIPC), Jepang aktif memfasilitasi minat investasi investor Jepang. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang logistik yakni PT Nittsu Lemo Indonesia Logistik, anak perusahaan dari Nippon Express. Anak perusahaan dari Nippon Express tersebut mendapatkan izin pusat logistik berikat hasil kerja bareng antara oleh Direktorat Bea Cukai, Kementerian Keuangan serta IIPC Tokyo dan Atase Keuangan KBRI Tokyo.

18-05-2017
Sistem Perizinan Angkutan Laut Segera Terintegrasi

Koordinasi intensif yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika berbuah manis. Pekan depan, penerbitan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) dan Penerbitan Surat Izin Operasi Perusahaan Angkutan Laut Khusus (SIOPSUS) dapat diajukan secara online setelah Kementerian Perhubungan dan BKPM berhasil melakukan integrasi pertukaran data.

28-04-2017
Sanyoto Sastrowardoyo, Menteri Penggerak Investasi/Kepala BKPM Periode 1993-1998 Tutup Usia

Badan Koordinasi Penanaman Modal kehilangan salah seorang tokoh yang pernah memimpinnya. Sanyoto Sastrowardoyo, meninggal dunia dalam usia 80 tahun pada hari Rabu, tanggal 26 April 2017, pukul 23.50 WIB, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Almarhum merupakan Menteri Negara Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Periode 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto.

27-04-2017
Realisasi Penanaman Modal PMDN - PMA Triwulan I Tahun 2017

Bahan paparan pada konferensi pers mengenai realisasi investasi Triwulan I 2017 dapat diunduh pada lampiran berikut.

26-04-2017
Realisasi Investasi Triwulan I 2017 Tembus Angka Rp 165,8 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mempublikasikan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) triwulan pertama (periode Januari-Maret) tahun 2017 yang menembus angka sebesar Rp 165,8 triliun, meningkat 13,2% dari periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 146,5 triliun. Realisasi investasi tersebut menyerap 194 ribu tenaga kerja. Kepala BKPM, Thomas Lembong menyampaikan bahwa capaian realisasi investasi triwulan pertama tersebut memberikan harapan untuk dapat mencapai target realisasi investasi tahun 2017 yang ditetapkan sebesar Rp 678,8 triliun.

26-04-2017
Contohkan Kepatuhan Pajak, Kepala BKPM beserta Jajaran Sampaikan SPT 2016

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong beserta jajaran pejabat eselon I dan eselon II BKPM secara langsung menyampaikan bukti Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak 2016 kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Langkah ini dilakukan dengan harapan dapat menularkan kepatuhan pada perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) untuk membayar pajak kepada pemerintah sesuai perundang-undangan.

30-03-2017
Kunjungi BKPM, Perusahaan Perancis Minta Stabilitas Regulasi

Sebanyak 25 Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaanperusahaan Perancis berkunjung ke Badan Koordinasi Penanaman Modal pagi ini (29/3). Kunjungan 25 CEO perusahaan papan atas Perancis tersebut merupakan bagian dari kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande yang siang hari ini bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Perusahaan-perusahaan asal Perancis tersebut menyampaikan apreasiasinya terhadap iklim investasi serta beberapa concerns terutama terkait stabilitas regulasi dan pentingnya kebijakan perdagangan dan investasi yang saling mendukung.

29-03-2017
Kejar Target Rp 678 T, BKPM Kumpulkan Kepala Dinas di Indonesia Timur

Badan Koordinasi Penanaman Modal terus melakukan langkah proaktif untuk mencapai target investasi nasional tahun 2017 sebesar Rp 678,8 triliun. Salah satunya adalah dengan melakukan konsolidasi dengan Kepala Dinas Penamanan Modal dan PTSP di tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota di wilayah Indonesia Timur. Konsolidasi tersebut dilakukan dengan harapan aparat penanaman modal di daerah dapat bersikap pro aktif untuk membantu investor dalam merealisasikan investasinya di daerah.

21-03-2017
Hasil Kepala BKPM Roadshow ke Eropa, Perusahaan Jerman Sampaikan Minat Investasi USD 800 Juta

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di Eropa pada tanggal 15-22 Maret 2017. Salah satu hasil dari kunjungan tersebut adalah minat investasi dua perusahaan asal Jerman yang menyatakan minatnya bekerja sama dengan BUMN pertambangan Indonesia untuk menanamkan modal di proyek investasi smelter nickel senilai USD 800 juta (setara dengan Rp 10,4 triliun dengan kurs Rp 13.000 per dolar AS). Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaikan bahwa kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai salah satu destinasi investasi yang atraktif bagi perusahaan Eropa. Beberapa negara yang dikunjungi di antaranya Jerman, Perancis Swedia, Inggris dan Denmark.

20-03-2017
Kunjungan Kepala BKPM ke Paris Membangun Citra Positif Iklim Investasi di Indonesia

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan KBRI Paris menyelenggarakan kegiatan kunjungan kerja promosi investasi di Paris, Perancis pada tanggal 17 Maret 2017. Pada kunjungan tersebut, Kepala BKPM melakukan pertemuan dengan Mouvement des entreprises de France (MEDEF), dan berpartisipasi pada Economic Cooperation and Development (OECD) Informal Reflection Group on Indonesia.

17-03-2017
Manfaatkan Layanan Investasi 3 Jam dan KLIK, Produsen Alat Musik Jepang Investasi USD 43,4 Juta

Badan Koordinasi Penanaman Modal kembali mencatatkan komitmen investasi produsen alat musik asal Jepang dengan nilai investasi mencapai USD 43,4 juta (setara dengan Rp 568,54 miliar) melalui layanan izin investasi 3 jam dan memanfaatkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK). Investasi tersebut dilakukan untuk memproduksi piano akustik, piano elektrik/digital, biola serta komponen piano. Hasil produksi dari investasi tersebut akan dipasarkan 99% untuk pasar ekspor.

09-03-2017

E - Services



Investment Online Reports

LKPM Online

Online Services

BKPM Online Services


Government Public Relations

Credit Rating

Rating : BBB -
Outlook : Positive
Rating : Baa3
Outlook : Positive
Rating : BBB-
Outlook : Stable